Selasa, 27 November 2012

ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER



Komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari unit masukan, unit proses, dan unit keluaran serta unit penyimpanan data yang berfungsi untuk melakukan proses perhitungan, logika, dan lain – lain.
Struktur adalah cara komponen - komponen komputer saling terkait dan berhubungan. Sedangkan fungsi adalah operasi masing - masing komponen sebagai bagian dari struktur. Dalam modul ini akan dijelaskan melalui pendekatan top-down (dari sistem paling kompleks menuju sistem yang lebih sederhana) sehingga diharapkan akan lebih jelas dan efektif.
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah rincian dan teknologi hardware, perangkat antarmuka dan peripheral, teknologi dan sistem memori, sinyal - sinyal kontrol.
Ada baiknya dipahami aspek arsitekturalnya karena kedua hal ini sangat terkait. Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0. Sebagai contoh, apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Sumber:
salahuddinali.files.wordpress.com/2011/06/bhs-assembly.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar